Me. . Saya . . Aku

Foto saya
semarang, jawa tengah, Indonesia
saya intan ayungirum, mahasiswa Komunikasi Jurnalistik dari UNDIP angkatan 2008. Ini blog saya, tulisan saya dan pandangan menurut saya. Terimakasih, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kalian

Sabtu, 13 November 2010

Odontektomi


Diatas adalah foto Panoramik rahang saya, tanggal 9 November 2010. Saya mengalami gigi impaksi seperti dalam gambar (bergaris merah). 2 gigi geraham rahanga atas saya tidak impaksi, dan langsung dicabut oleh dokter gigi. dan 2 gigi geraham rahang bawah saya mengalami Impaksi dan harus dioperasi oleh dkter spesialis bedah mulut. Rahang kanan bawah sudah saya operasi bulan maret 2010, lalu gigi kiri rahang bawah akan saya operasi minggu depan. Sekedar informsi, jangan foto panoramik terlalu sering ya, karena radiasi berbahaya. Paling tidak jangka waktu minimal 6bulan.

Gigi geraham bungsu, atau gigi 13 biasanya tumbuh disaat kita sudah dewasa sekitar 17-25 tahun. Gigi geraham ini tumbuh disertai rasa nyeri pada gusi dan pusing pada kepala selama satu minggu. kemudian gigi akan tumbuh secara perlahan.Ini tidak akan menghawatirkan bila gigi anda tumbuh secara normal. Tapi bila tidak normal maka aka disebut gigi IMPAKSI (tumbuh dalam posisi tidak normal) atau mendesak gigi depannya. Dan bila gigi tumbuh tidak normar, maka harus dilakukan Odontektomi, semacam operasi untuk mengangkat gigi geraham belakang yang bermasalah.

Langkah-langkah yang harus anda lakukan disaat gigi geraham tumbuh adalah :
1. Periksakan ke dokter gigi dan mintalah obat anti nyeri
2. Bila sudah tidak nyeri, lakukan kontrol kembali apakah perlu pencabutan gigi
3. Bila perlu pencabutan gigi, rongen terlebih dahulu
4. Foto Panoramik (harga kurang lbh 150-200rb)
5. Konsultasikan pada dokter gigi kembali
6. Bila tidak impaksi tidak perlu ada pencabutan gigi
7. Bila ada impaksi, harus di operasi (biaya kurang lbh 2,5 - 3 juta, oleh dokter spesialis bedah mulut)
8. Bila anda pengguna kawat gigi/braces sebaiknya gigi beraham ini diambil untuk kesempuarnaan kerapian gigi secara estetika.

Bila gigi memang harus di operasi ada hal yang harus anda perhatikan
1. Konsultasikan dengan gigi spesialis bedah mulut yang berpengalaman walaupun biaya yang akan dikeluarkan untuk operasi lebih mahal.
2. Biasanya akan dilakukan di meja operasi, layaknya operasi besar.
3. Bila operasi yang dilakukan dengan bius lokal, makan lah sebelum operasi
4. Jangan pernah berangkat sendiri ketika operasi
5. Setelah operasi biasnya badan terasa sangan letih, karena darag keluar banyak jd butuh orang untuk membantu kita berjalan
6. Langsung tebus obat, dan minum obat untuk menghilangi rasa sakit
7. Kemudian pulang kerumah, dan istirahat
8. jangan lakukan aktifitas berat setelah operasi
9. Jangan minum dan makan makanan yang panas dan dingin, yang sedang saja
10. Jangan kumur terlalu keras
11. Jangan menggosok gigi dlu slama 24 jam
12. rajinlah kontrol, 3x sehari untuk membersihkan bekas operasi dengan antiseptik (dilakukan dokter)
13. Jangan mengkorek2 bekas operasi

1 komentar: